Categories
General

Hawaii Jadi Negara Bagian Pertama Yang Menuntut Takata

Kasus recall akibat airbag yang disuplai oleh Takata terus meningkat. Sampai saat ini terhitung sudah 11 merek mobil mengumumkan recall terhadap kendaraannya karena teridentifikasi oleh Takata kalau airbag yang terpasang memiliki masalah. Belum cukup sampai di sini masalah yang dihadapi oleh Takata.

Hawaii menjadi negara bagian pertama yang melayangkan sue kepada Takata Corp. terkait recall yang diajukan. Hawaii menganggap kalau Takata telah lalai dalam airbag dan juga telat memanggil kembali mobil-mobil yang teridentifikasi. Negara bagian tersebut juga mengklaim kalau Takata telah mengganti ammonium nitrat ke versi yang murah untuk inflatornya.

Hal ini berdasar pengetesan internal yang menunjukkan kalau propellant airbags mungkin mengembang tanpa bisa diprediksi. Dalam sue tersebut, pihak Hawaii mengajukan maksimal penalti terhadap Takata, untuk membayar sebesar $10,000 untuk setiap korban airbag. Gagal fungsinya airbag Takata telah merenggut nyawa 13 orang dan lebih dari 100 orang mengalami luka.

Data NHTSA menyatakan ada sebanyak 28,8 juta kendaraan yang airbag-nya recall. Sementara itu, sebanyak 8.168.860 unit airbag telah berhasil diperbaiki.