Categories
General

Pilih Kipas yang Sesuai

Keberadaan kipas dalam sistem kan dang tertutup dinilai sangat esensial untuk kelangsungan hidup ayam karena fungsinya mengatur pertukaran udara. Dengan adanya pertukaran udara, jum lah gas yang berbahaya bagi kesehatan unggas di da lam kandang dapat dimini mal kan. Seluruh udara kotor tadi digantikan dengan udara segar dalam 45- 50 detik. Agar udara selalu berganti, perlu perhitungan yang tepat da lam menentukan jumlah kipas.

Dalam kandang tertutup, suplai oksigen berasal dari ventilasi. Dengan ventilasi itu, oksigen masuk kemudian menciptakan angin di dalam kandang tersebut. Lain halnya Heri, Direktur Operasional PT Kolowa Ventilation, distributor kipas asal Taiwan di Jakarta ini, mengutarakan, sistem sirkulasi udara yang baik sangat me nentukan apakah suatu bangunan terasa nyaman atau tidak. Ventilasi ber hubungan dengan sistem sirkulasi, pe milihan sistem dan cara perhitungan kapasitas yang benar akan sangat menen tukan seberapa efektif sistem ventilasi udara.

Senada dengan Jose, dalam menen tukan jumlah kipas, sarjana komputer ini menjabarkan, “Kita harus tahu dulu bera pa kirakira volume ruangan, nanti dibagi kapasitas kipasnya. Setelah itu kita dapat berapa unit perkiraan kipas yang dibu tuh kan,” ulasnya. Selain mengatur pertukaran udara, kipas dapat difungsikan untuk mengatur kelembapan udara dan temperatur. Pertukaran udara di dalam kandang turut mempengaruhi perubahan kelembapan dan temperatur karena udara merupakan media penghantar dua hal tersebut. Karena itulah uap air dan panas dapat dikeluar kan bersamaan dengan pengeluaran udara kotor dari dalam kandang. Heri menyediakan dua ukuran kipas untuk pabrik. Satu berukuran 146 cm x 146 cm (146) dan 114 cm x 114 cm. Namun, ia merekomendasikan pemakaian ukuran 146 karena sirkulasi lebih terasa dan kapasitasnya lebih besar, yakni 45.000 CMH. Lulusan Universitas Bunda Mulia, Jakarta, ini, menyarankan peternak memilih kipas berbahan fiber karena tidak di pusingkan dengan kendala karat.

Di samping itu, pilih kipas yang tidak mengeluarkan suara terlalu bising. “Karena suara bising kan kadang mempengaruhi hewan, bisa stres juga nanti,” tandasnya. Heri menambahkan, pada bagian exhaust (pengeluaran) yang dipasang dalam peternakan sebaiknya diberi tambahan busa saringan ikan (kipas saring akuarium) untuk menyaring udara kotor yang masuk. Kipas yang baik, sebut Jose, mempunyai efisiensi yang tinggi. Maksudnya, dalam 1.000 m3 udara yang ditarik, butuh daya listrik (watt) rendah. Atau kapasitas udara nya masih tinggi dan masih baik pada te kanan tertentu karena ada beban atau te kanan saat kipas bekerja dalam kandang.